Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing yang Perlu Diketahui
Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing yang Perlu Diketahui
Di zaman-zaman sekarang ini ,kita pasti sudah dapat
melihat dengan mata kepala kita sendiri bagaimana manusia sudah tidak bisa
dipisahkan lagi dengan sesuatu yang bernama teknologi. Ya, teknologi. Teknologi
telah merambah ke hampir segala aspek kehidupan manusia. Kita ambil contoh
bagaimana transisi dari ojek pengkolan yang beralih menjadi ojek online. Ojek
pada awalnya beroperasi hanya dengan mengandalkan mangkal di suatu area sembari
menunggu penumpang yang sekiranya membutuhkan jasa mereka, seperti area sekitar
kampus. Sekarang, para ojek dapat dengan leluasa menerima pesanan dari
penumpang kapan saja dan dimana saja dengan bantuan akses aplikasi dan
internet, imbas dari pesatnya kemajuan teknologi.
Hal serupa juga ditemui di bisnis online. Bisnis pada masa
dulu sangat mengandalkan pertemuan langsung antara buyer dan seller guna
terciptanya transaksi di antara mereka. Namun, berkat adanya perkembangan
teknologi yang pesat pertemuan antara buyer dan seller tersebut
dapat dilakukan secara jarak jauh dengan media internet. Pembayaran pun juga
dapat kita lakukan secara jarak jauh dengan transfer, dan transaksi pun masih
dapat berlangsung. Inilah yang kita sebut sebagai Internet Marketing.
Internet Marketing sendiri seolah-olah membuat hidup manusia semakin menjadi mudah, terutama pada segi perdagangan. Buyer dapat melihat-lihat barang dagangan seller tanpa harus mengunjungi langsung tokonya menjadi nilai utama internet marketing ini. Akan tetapi, tahukah kalian bahwa disamping kelebihan-kelebihan yang ditawarkan internet marketing ternyata juga terdapat kekurangan-kekurangan yang ada pada internet marketing sendiri. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan internet marketing?
Kelebihan Internet Marketing
Tidak terbatas pada ruang dan waktu
Dengan pesatnya teknologi yang ada, kita dapat dengan mudahnya mencari barang yang kita inginkan bahkan dengan ketukan jari saja dimanapun kapanpun. Berbagai platform marketplace yang sudah menjamur di Indonesia juga semakin mempermudah bagi buyer dan seller untuk melakukan transaksi lewat internet. Bahkan, apabila dioptimalkan secara maksimal jangkauan dari internet marketing ini sendiri takkan hanya terhenti pada area lokal di Indonesia saja, namun juga dapat menjangkau ke luar negeri. Kita pun juga tidak perlu repot-repot mengeluarkan ongkos lebih untuk mengunjungi toko yang kita tuju, hanya dengan bermodal data internet saja kita dapat melihat-lihat isi toko tanpa harus meninggalkan aktivitas lain.
Biaya yang dikeluarkan terhitung tidak banyak
Dikarenakan internet marketing yang sangat bergantung pada
teknologi digital seperti internet, maka tak perlu memiliki modal atau
mengeluarkan modal yang banyak untuk memulainya. Ambil contoh apabila kita
ingin membuka warung makan, kita masih perlu modal untuk menyewa tempat untuk dijadikan
warung makan, peralatan-peralatan dapurnya dan lain-lain. Sementara itu,
apabila kita memanfaatkan internet marketing, kita hanya perlu mendaftarkan
produk-produk kita ke platform-platform yang menyediakan fasilitas antar
makanan secara online. Biaya yang diperlukan untuk sewa tempat, peralatan masak
dapat berkurang dan digunakan untuk keperluan lain.
Internet Marketing dapat beroperasi hampir selama 24 jam
Tidak dipungkiri, dari mudahnya akses ke internet oleh hampir
semua orang pada zaman sekarang ini bahkan memungkinkan seller apabila
ingin membuka toko online mereka sampai 24 jam. Karena beroperasi secara
virtual melalui media internet lewat gadget-gadget yang ada, buyer yang
ingin melakukan transaksi pada tengah malam pun dapat dilakukan karena hanya
perlu membuka platform terkait saja guna merespon buyer.
Penghitungan rekap data dari hasil penjualan produk jauh
lebih cepat
Dengan menggunakan internet marketing, kita tidak perlu melakukan rekap data secara manual setiap kali produk-produk kita terjual. Dengan bantuan sistem komputer dari platform terkait yang secara otomatis mencatat semua penjualan, klik, maupun kunjungan dari buyer, membuat rekap data dari internet marketing dirasa jauh lebih lengkap dan cepat.
Kekurangan Internet Marketing
Ketidakyakinan buyer terhadap produk yang akan mereka
beli
Pada penerapan internet marketing, maka semua transaksi
dilakukan secara online. Maka dari itu, terkadang buyer tidak bisa
melihat secara langsung produk yang akan mereka beli baik dari tekstur,
kualitas, spesifikasi dan lain-lain. Hal ini tentunya menjadi tantangan
tersendiri bagi seller apabila ingin menyakinkan konsumen mereka
terhadap produknya.
Masalah koneksi dan jaringan internet
Dikarenakan penerapan internet marketing yang sangat
bergantung pada internet, adanya masalah pada koneksi dan jaringan internet
akan sangat mengganggu keberlangsungan transaksi antara buyer dan seller
secara online.
Persaingan yang sudah terlalu menjamur
Tak dipungkiri apabila penggunaan internet marketing sendiri
pada zaman sekarang ini bisa dibilang sudah begitu menjamur dan sangat
kompetitif. Mungkin akan menjadi sebuah tantangan yang cukup besar untuk
seseorang yang baru saja merintis usaha secara internet marketing untuk
bersaing dengan usaha-usaha lain yang telah memiliki nama terlebih dahulu.
Selera beli buyer
Untuk menjangkau kaum muda-mudi yang melek teknologi, mungkin
internet marketing akan sangat cocok dengan mereka yang lebih menginginkan
transaksi pembelian yang ringkas, cepat dan simple. Akan tetapi, untuk
kalangan orang tua yang pada masa remajanya tak berpengalaman dengan teknologi
ini, kemungkinan besar akan lebih cenderung menyukai transaksi konvensional
seperti datang langsung ke pasar, toko, atau warung makan karena mereka jauh
lebih paham dengan transaksi semacam itu ketimbang harus mengikuti
petunjuk-petunjuk pembelian yang ada pada sebuah platform marketplace.