Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing yang Perlu Diketahui

Di zaman-zaman sekarang ini ,kita pasti sudah dapat melihat dengan mata kepala kita sendiri bagaimana manusia sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan sesuatu yang bernama teknologi. Ya, teknologi. Teknologi telah merambah ke hampir segala aspek kehidupan manusia. Kita ambil contoh bagaimana transisi dari ojek pengkolan yang beralih menjadi ojek online. Ojek pada awalnya beroperasi hanya dengan mengandalkan mangkal di suatu area sembari menunggu penumpang yang sekiranya membutuhkan jasa mereka, seperti area sekitar kampus. Sekarang, para ojek dapat dengan leluasa menerima pesanan dari penumpang kapan saja dan dimana saja dengan bantuan akses aplikasi dan internet, imbas dari pesatnya kemajuan teknologi. 

Hal serupa juga ditemui di bisnis online. Bisnis pada masa dulu sangat mengandalkan pertemuan langsung antara buyer dan seller guna terciptanya transaksi di antara mereka. Namun, berkat adanya perkembangan teknologi yang pesat pertemuan antara buyer dan seller tersebut dapat dilakukan secara jarak jauh dengan media internet. Pembayaran pun juga dapat kita lakukan secara jarak jauh dengan transfer, dan transaksi pun masih dapat berlangsung. Inilah yang kita sebut sebagai Internet Marketing.

Internet Marketing sendiri seolah-olah membuat hidup manusia semakin menjadi mudah, terutama pada segi perdagangan. Buyer dapat melihat-lihat barang dagangan seller tanpa harus mengunjungi langsung tokonya menjadi nilai utama internet marketing ini. Akan tetapi, tahukah kalian bahwa disamping kelebihan-kelebihan yang ditawarkan internet marketing ternyata juga terdapat kekurangan-kekurangan yang ada pada internet marketing sendiri. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan internet marketing?

Kelebihan Internet Marketing

Tidak terbatas pada ruang dan waktu

Dengan pesatnya teknologi yang ada, kita dapat dengan mudahnya mencari barang yang kita inginkan bahkan dengan ketukan jari saja dimanapun kapanpun. Berbagai platform marketplace yang sudah menjamur di Indonesia juga semakin mempermudah bagi buyer dan seller untuk melakukan transaksi lewat internet. Bahkan, apabila dioptimalkan secara maksimal jangkauan dari internet marketing ini sendiri takkan hanya terhenti pada area lokal di Indonesia saja, namun juga dapat menjangkau ke luar negeri. Kita pun juga tidak perlu repot-repot mengeluarkan ongkos lebih untuk mengunjungi toko yang kita tuju, hanya dengan bermodal data internet saja kita dapat melihat-lihat isi toko tanpa harus meninggalkan aktivitas lain.

Biaya yang dikeluarkan terhitung tidak banyak

Dikarenakan internet marketing yang sangat bergantung pada teknologi digital seperti internet, maka tak perlu memiliki modal atau mengeluarkan modal yang banyak untuk memulainya. Ambil contoh apabila kita ingin membuka warung makan, kita masih perlu modal untuk menyewa tempat untuk dijadikan warung makan, peralatan-peralatan dapurnya dan lain-lain. Sementara itu, apabila kita memanfaatkan internet marketing, kita hanya perlu mendaftarkan produk-produk kita ke platform-platform yang menyediakan fasilitas antar makanan secara online. Biaya yang diperlukan untuk sewa tempat, peralatan masak dapat berkurang dan digunakan untuk keperluan lain.

Internet Marketing dapat beroperasi hampir selama 24 jam

Tidak dipungkiri, dari mudahnya akses ke internet oleh hampir semua orang pada zaman sekarang ini bahkan memungkinkan seller apabila ingin membuka toko online mereka sampai 24 jam. Karena beroperasi secara virtual melalui media internet lewat gadget-gadget yang ada, buyer yang ingin melakukan transaksi pada tengah malam pun dapat dilakukan karena hanya perlu membuka platform terkait saja guna merespon buyer.

Penghitungan rekap data dari hasil penjualan produk jauh lebih cepat

Dengan menggunakan internet marketing, kita tidak perlu melakukan rekap data secara manual setiap kali produk-produk kita terjual. Dengan bantuan sistem komputer dari platform terkait yang secara otomatis mencatat semua penjualan, klik, maupun kunjungan dari buyer, membuat rekap data dari internet marketing dirasa jauh lebih lengkap dan cepat.

Kekurangan Internet Marketing

Ketidakyakinan buyer terhadap produk yang akan mereka beli

Pada penerapan internet marketing, maka semua transaksi dilakukan secara online. Maka dari itu, terkadang buyer tidak bisa melihat secara langsung produk yang akan mereka beli baik dari tekstur, kualitas, spesifikasi dan lain-lain. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi seller apabila ingin menyakinkan konsumen mereka terhadap produknya.

Masalah koneksi dan jaringan internet

Dikarenakan penerapan internet marketing yang sangat bergantung pada internet, adanya masalah pada koneksi dan jaringan internet akan sangat mengganggu keberlangsungan transaksi antara buyer dan seller secara online.

Persaingan yang sudah terlalu menjamur

Tak dipungkiri apabila penggunaan internet marketing sendiri pada zaman sekarang ini bisa dibilang sudah begitu menjamur dan sangat kompetitif. Mungkin akan menjadi sebuah tantangan yang cukup besar untuk seseorang yang baru saja merintis usaha secara internet marketing untuk bersaing dengan usaha-usaha lain yang telah memiliki nama terlebih dahulu.

Selera beli buyer

Untuk menjangkau kaum muda-mudi yang melek teknologi, mungkin internet marketing akan sangat cocok dengan mereka yang lebih menginginkan transaksi pembelian yang ringkas, cepat dan simple. Akan tetapi, untuk kalangan orang tua yang pada masa remajanya tak berpengalaman dengan teknologi ini, kemungkinan besar akan lebih cenderung menyukai transaksi konvensional seperti datang langsung ke pasar, toko, atau warung makan karena mereka jauh lebih paham dengan transaksi semacam itu ketimbang harus mengikuti petunjuk-petunjuk pembelian yang ada pada sebuah platform marketplace.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url