APA YANG DIMAKSUD DENGAN AI (ARTIFICIAL INTELEGENCE) ?

APA YANG DIMAKSUD DENGAN AI (ARTIFICIAL INTELEGENCE) ?



Walaupun sudah ditemukan sejak tahun 1956  kecerdasan buatan ini sekarang semakin berkembang dengan cepat. Kecerdasan buatan tidak hanya berbentuk robot, bahkan berbagai aspek kehidupan sehari – hari banyak kecerdasan buatan di lingkungan kita.

Jadi sebenarnya apa itu AI (ARTIFICIAL INTELENGENCE) ?

AI (ARTIFICIAL INTELENGENCE) biasa disebut kecerdasan buatan adalah sistem yang mempunyai kemampuan berbuat atau bekerja seperti manusia dan berfikir secara rasional. Dalam AI ini terdapat banyak hal yang dapat dijabarkan, tetapi ada 4 hal yang mendasari AI tersebut, yaitu :

1. Searching

Teknik ini digunakan untuk mencari langkah – langkah sistematis baik secara pencarian buta ataupun pencarian bersyarat. Jika dalam pencarian buta (Blind search) dia akan berhenti mencari ketika solusi sudah ditemukan. Sedangkan jika menggunakan pencarian bersyarat dia akan memberikan solusi yang terbaik dari setiap masalah. Contoh untuk teknik searching ini adalah misalkan kalian ingin pergi dari kampus menuju stasiun kalian pasti akan meminta bantuan google maps, disitu google maps akan membantu kalian mencarikan rute yang terbaik untuk mencapai tujuan kalian secara sistematis.

2. Reasoning

Teknik reasoning merupakan teknik penyelesaian masalah dengan menarik kesimpulan berdasarkan fakta yang ada dan data yang kita punya. Reasoning merepresentasikan masalah kedalam basis pengetahuan dan merupakan proses penalaran untuk menemukan solusi.

3. Planning

Teknik planning atau perencanaan ini adalah teknik untuk memecah permasalah dari masalah yang kompleks menjadi masalah yang sederhana. Teknik planning ini mengatasi masalah dalam waktu proses dan kebutuhan memory.

4. Learning

Teknik ini adalah teknik untuk mengajarkan pola data kepada komputer untuk memperoleh pengetahuan dan belajar secara otomatis tanpa arahan pengguna. Teknik ini juga biasa disebut dengan machine learning. Machine learning terdiri dari kumpulan algoritma yang dapat mempelajari dari dan membuat prediksi berdasarkan data yang direkam, mengoptimalkan fungsi utilitas yang diberikan dalam ketidakpastian, mengekstrak struktur data tersembunyi, dan menggolongkan data menjadi deskripsi singkat

Saat ini banyak sekali pekerjaan dan kegiatan yang menggandalkan kecanggihan AI, karena AI dirasa sangat efektif dalam menyelesaikan masalah kita. AI juga dapat membantu kita dalam mengembangkan bisnis kita secara online. Dibawah ini beberapa AI yang paling bisa diandalkan, antara lain :

1.    Chat GPT

Chat GPt adalah sebuah program yang membuat teks dan terlihat seperti dibuat oleh manusia. Program ini dilatih dari banyak sumber teks yang ada diinternet. Chatbot ini dapat membantu kita membuat ide konten atau menuliskan essay. Bahkan ia mampu menjawab banyak pertanyaan dengan baik. Ia juga bisa menerangkan sesuatu yang kompleks hingga menjadi lebih mudah dipahami.

2.    Jasper AI

AI yang satu ini meraih gelar copywriting AI terbaik yang pernah ada. AI ini membantu kita membuat/menuliskan konten sangat baik dan bebas dari plagiarisme. Jika kita ingin melakukan banyak penulisan dan copywriting kita hanya perlu menggunakan program ini, tanpa perlu menyewa bantuan dari luar.

3.    Do Not Pay

DoNotPay merupakan salah satu AI yang dapat membantu kita untuk menjawab panggilan telfon yang bersifat seperti wawancara. Contohnya adalah telfon dari bank, karena telfon tersebut dirasa sangat mengganggu. Memang saat ini ketika kita menggunakan AI ini masih bersuara seperti robot.

4.    Synthesia

Synthesia dapat membantu kita membuat video avatar, ini sangat membantu bagi yang malu unjuk diri di depan kamera. Untuk mendapatkan video dari AI ini kita hanya perlu menginput teks dan mereka akan mengubahnya menjadi gambar yang interaktif.

5.  Jenni AI

AI berikut mempunyai kemampuan yaitu untuk menuliskan essay. Kita bisa menghemat waktu saat menulis essay atau tesis dengan menggunakan Jenni. Bantuan yang diberikan seperti membantu Kita memilih kosa kata dan gaya tata bahasa yang tepat dan mencari informasi.

Setelah kita membahas beberapa AI diatas pasti ada sebagian orang yang berfikir bahwa pekerjaan mereka dapat digantikan oleh AI, sehingga menjadikan AI sebagai kompetitor/saingan. Padahal jika kita ambil nilai positifnya AI ini sangat dapat membantu pekerjaan yang kita lakukan. 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url