BEBERAPA RUMUS EXCEL YANG SANGAT MUDAH TETAPI JARANG DIKETAHUI

BEBERAPA RUMUS EXCEL YANG SANGAT MUDAH TETAPI JARANG DIKETAHUI


Banyak sekarang didunia kerja maupun sekolah baik tingkat SMP sampai dengan Kuliah menggunakan Microsoft office. salah satunya Microsoft Excel, Excel merupakan aplikasi yang berguna untuk mengolah data secara otomatis, baik data berupa perhitungan dasar (tambah, kurang, bagi, kali) maupun penggunaan fungsi yang lebih kompleks.

Software pengolah angka terbaik buatan Microsoft ini terbukti mampu memudahkan penggunaannya menyelesaikan berbagai tugas. Disini kita akan bahas mengenai beberapa rumus yang lebih mudah diaplikasikan dalam Microsoft Excel


1. Tanda Plus (+)

          Tanda diatas biasanya dikenal hanya sebagai tambah tetapi dia juga mempunyai                       manfaat lain seperti tanda sama dengan (=) yaitu untuk mengawali rumus pada suatu            cels.

2. Cara mengetik ulang data menjadi huruf besar/kecil dengan cepat dan mudah

Sebagai seorang data entry pasti terjadi kemungkinan untuk mengetik ulang data dari yang huruf kecil menjadi huruf capital semua. Kalau data yang diberikan hanya sedikit pastilah bisa langsung kita ketik manual, tapi bagaimana kalau datanya banyak dan harus segera selesai?

Jangan bingung ya karena disini ada rumus yang bisa mempermudah pekerjaan tersebut. Rumusnya yaitu “ =UPPER(text) “ jadi misalkan di kolom pertama berisi data yang ditulis dengan huruf kecil maka untuk mengubah menjadi huruf besar dikolom kedua gunakan rumus tersebut dan karena datanya banyak jadi dari rumus pertama tersebut ditarik ke baris-baris selanjutnya.

Nah untuk mengubah dari hurus besar menjadi huruf kecil juga terdapat rumusnya,

yaitu “ =LOWER(text) “. Karena didepan kedua rumus tersebut menggunakan tanda sama dengan (=) kalian bisa mengubahnya dengan tanda plus (+) sesuai di point 1 tadi.

3. Cara cepat copy rumus ke baris selanjutnya

Biasanya untuk mempermudah penggunaan rumus yang sama pada suatu cells adalah dengan meng-copy dari cells sebelumnya. Biasanya cara yang sering digunakan adalah menarik ke bawah rumus tersebut sampai dengan baris terbawah, tetapi disini terdapat cara yang lebih simple yaitu dengan mengarahkan mouse ke kotak bagian kanan bawah sampai muncul tanda + lalu di klik dua kali. Dah langsung ke copy datanya dan tidak perlu repot-repot untuk menarik satu persatu data tersebut.

4. Cara memilih beberapa kolom

Ada cara untuk mempermudah bila kalian ingin menghapus sekaligus beberapa data tetapi letaknya tidak berderetan yaitu dengan memencet tombol “ CTRL” dan memilih data – data yang akan dihapus lalu klik tombol “DELETE”.

5. Cara memberi warna otomatis pada satu baris

Ketika kalian punya beberapa data dan untuk membedakan itu dengan mudah adalah dengan memberi warna. Namun untuk memberi warna satu2 atau dengan memilih bersamaan menggunakan tombol “ CTRL” itu masih terbilang memakan waktu. Jadi berikut cara yang lebih cepat  yaitu dengan :

·         Blok dulu data yang akan diberi warna

·         Di tab Home, ke Cond. Formatting lalu pilih New Rule

·         Klik “ Use a formula to …”

·         Ketikkan : =$kolom=”kategori” (artinya jika dalam kolom tersebut mempunyai     kategori sama akan diberikan format otomatis)

·         Klik format, pilih warna yang akan digunakan kemudian klik Ok

·         Klik Ok lagi dan datanya akan otomatis berwarna.

Itulah beberapa Rumus dan cara mengoperasikan excel yang lebih mudah dan dapat membantu di dunia kerja/ pendidikan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url