BEBERAPA RUMUS EXCEL YANG SANGAT MUDAH TETAPI JARANG DIKETAHUI
BEBERAPA RUMUS EXCEL YANG SANGAT MUDAH TETAPI JARANG DIKETAHUI
Banyak
sekarang didunia kerja maupun sekolah baik tingkat SMP sampai dengan Kuliah
menggunakan Microsoft office. salah satunya Microsoft Excel, Excel merupakan aplikasi yang berguna untuk mengolah data
secara otomatis, baik data berupa perhitungan dasar (tambah, kurang, bagi,
kali) maupun penggunaan fungsi yang lebih kompleks.
Software pengolah angka terbaik buatan Microsoft ini terbukti mampu memudahkan penggunaannya menyelesaikan berbagai tugas. Disini kita akan bahas mengenai beberapa rumus yang lebih mudah diaplikasikan dalam Microsoft Excel
1. Tanda Plus (+)
Tanda diatas biasanya dikenal hanya sebagai tambah
tetapi dia juga mempunyai manfaat lain seperti tanda sama dengan (=) yaitu
untuk mengawali rumus pada suatu cels.
2. Cara mengetik ulang data menjadi huruf besar/kecil dengan cepat dan mudah
Sebagai seorang data entry pasti terjadi
kemungkinan untuk mengetik ulang data dari yang huruf kecil menjadi huruf capital
semua. Kalau data yang diberikan hanya sedikit pastilah bisa langsung kita
ketik manual, tapi bagaimana kalau datanya banyak dan harus segera selesai?
Jangan bingung ya karena disini ada rumus yang
bisa mempermudah pekerjaan tersebut. Rumusnya yaitu “ =UPPER(text) “ jadi
misalkan di kolom pertama berisi data yang ditulis dengan huruf kecil maka untuk
mengubah menjadi huruf besar dikolom kedua gunakan rumus tersebut dan karena
datanya banyak jadi dari rumus pertama tersebut ditarik ke baris-baris
selanjutnya.
Nah untuk mengubah dari hurus besar menjadi
huruf kecil juga terdapat rumusnya,
yaitu “ =LOWER(text) “. Karena didepan kedua rumus tersebut menggunakan tanda sama dengan (=) kalian bisa mengubahnya dengan tanda plus (+) sesuai di point 1 tadi.
3. Cara cepat copy rumus ke baris selanjutnya
Biasanya untuk mempermudah penggunaan rumus yang sama pada suatu cells adalah dengan meng-copy dari cells sebelumnya. Biasanya cara yang sering digunakan adalah menarik ke bawah rumus tersebut sampai dengan baris terbawah, tetapi disini terdapat cara yang lebih simple yaitu dengan mengarahkan mouse ke kotak bagian kanan bawah sampai muncul tanda + lalu di klik dua kali. Dah langsung ke copy datanya dan tidak perlu repot-repot untuk menarik satu persatu data tersebut.
4. Cara memilih beberapa kolom
Ada cara untuk mempermudah bila kalian ingin menghapus sekaligus beberapa data tetapi letaknya tidak berderetan yaitu dengan memencet tombol “ CTRL” dan memilih data – data yang akan dihapus lalu klik tombol “DELETE”.
5. Cara memberi warna otomatis pada satu baris
Ketika kalian punya beberapa data dan untuk
membedakan itu dengan mudah adalah dengan memberi warna. Namun untuk memberi
warna satu2 atau dengan memilih bersamaan menggunakan tombol “ CTRL” itu masih
terbilang memakan waktu. Jadi berikut cara yang lebih cepat yaitu dengan :
·
Blok dulu data yang akan diberi warna
·
Di tab Home, ke Cond. Formatting lalu pilih
New Rule
·
Klik “ Use a formula to …”
·
Ketikkan : =$kolom=”kategori” (artinya jika
dalam kolom tersebut mempunyai kategori sama akan diberikan format otomatis)
·
Klik format, pilih warna yang akan digunakan
kemudian klik Ok
· Klik Ok lagi dan datanya akan otomatis berwarna.
Itulah beberapa Rumus dan cara mengoperasikan excel yang lebih mudah dan dapat membantu di dunia kerja/ pendidikan.